Laman

Situs April Mop dan Majalah Humor




Tanggal 1 April senantiasa dihiasi dengan kejadian aneh yang seolah-olah nyata tapi sebenarnya hanya joke. Itulah yang oleh banyak orang dikenal sebagai April Mop atau April Fools. Kalau Anda ingin ingin ikut-ikutan merayakannya, ada banyak hal bisa Anda lakukan. Anda bisa dengan iseng menggali jalan di suatu perempatan dengan memakai seragam pegawai PU, PAM, Gas, atau Telkom (terserah pilihan yang mana saja, toh biasanya mereka saling bergantian menggali jalan) lalu meninggalkannya begitu saja sehingga menimbulkan kemacetan. Tapi ada cara lain yang lebih aman (maksudnya tak terlalu mengganggu banyak orang): Anda bisa mengirim e-mail ke seseorang yang isinya ucapan selamat karena ia berhasil memenangkan suatu hadiah milyaran rupiah. Atau Anda bisa juga membuat halaman Web palsu yang menampilkan Anda atau seseorang, dan orang tersebut Anda kirimi e-mail agar melihat Web palsu itu. Web palsu bisa berisi sesuatu yang sangat mengejutkan.

Banyak lagi pilihan yang bisa Anda buat. Sebelumnya kami hanya ingin menampilkan situs-situs yang berkaitan dengan April Mop. Namun karena hanya ada sedikit situs seperti ini yang benar-benar berkualitas cukup bagus, kami melengkapinya dengan situs majalah humor online. Ada banyak pilihan majalah yang membawa Anda ke cerita, karikatur, kartun, hingga material lucu lainnya dari bergaya sehari-hari hingga yang absurd.
AprilFools.com (Aprilfools.infospace.com)
Comedyzine (www.comedyzine.com)
Ha! (www.humour.co.uk)
Laugh-lines (www.laugh-lines.com)
NetMonkey (www.netmonkey.com)
Bubba's Outhouse Press (www.chrysalis.org/bobgill/bubba.htm)
Stuff (homages.enterprise.net/rmd/)
The Onion (www.theonion.com)
YIP (www.yip.org)

AprilFools.com (Aprilfools.infospace.com)

Dari sedikit situs yang menampilkan layanan seputar April Fools atau April Mop, situs ini merupakan yang terbaik. Urusan tipu-menipu dilayani dengan cukup lengkap di situs ini. Anda bisa membuat e-mail mengejutkan, halaman Web yang bisa membuat teman Anda tercengang, hingga kiriman kartu pos dari suatu tempat di suatu negara yang belum pernah Anda kunjungi (seolah-olah Anda mengirimkannya dari sana). Ada beberapa layanan gratis di situs ini yang wajib Anda manfaatkan jika Anda ingin "ngerjain" teman atau bahkan bos Anda! Ada juga layanan yang tak gratis namun tetap dengan biaya yang tak terlalu mahal. Yang jelas jika Anda ingin membuat orang lain bingung atau tertawa terbahak-bahak situs ini salah satu pilihan terbaik.

Comedyzine (www.comedyzine.com)

Anda ingin humor yang keterlaluan? Situs ini mungkin menyediakan apa yang Anda cari. Walaupun banyak humor yang ditampilkan mungkin membuat Anda tak tertawa--ada banyak alasan untuk hal ini, bisa karena Anda tak tahu situasi sebenarnya (karena bergaya Amerika), bisa juga karena Anda tak mengerti apa yang dimaksud, atau karena Anda tak terbiasa dengan gaya humor sekasar itu. Hal ini memang sesuai dengan motto situs ini "Where comedy has no bounds." Bisa dibilang, humor yang ada di situs ini terkadang sangat kejam dan melanggar azas praduga tak bersalah. Masih kurang mengerti? Datang saja ke Comedyzine.

Ha! (www.humour.co.uk)

Inilah tempat yang wajib Anda kunjungi jika Anda ingin kenal humor gaya Inggris. Ada banyak cerita lucu dan karikatur menarik yang mungkin tak bisa membuat Anda tertawa jika tak berusaha cukup keras! Gaya suatu bangsa memang terkadang menyulitkan kita memahami lelucon mereka. Tapi ada beberapa humor dengan gaya universal yang pasti bisa membuat Anda sakit perut karena terlalu banyak tertawa.

Laugh-lines (www.laugh-lines.com)

Jika Anda ingin berbagi cerita lucu dengan orang lain, situs ini menyediakan tempat untuk itu. Tak hanya itu, ada banyak cerita, kartun, dan material lucu lain yang mungkin bisa membantu mengurangi rasa stres yang Anda alami. Desain visual situs ini mungkin kurang menarik, tapi material yang tersedia cukup untuk mendapat nilai B atau bahkan A.

NetMonkey (www.netmonkey.com)

Situs ini merupakan salah satu yang pasti bisa membuat Anda tertawa terbahak-bahak. Dengan gaya satire, situs ini menampilkan cerita, "berita," dan lain-lain bahkan hingga perang browser antara Microsoft dan Netscape dengan gaya yang sangat lucu dan bagus. Di situs ini Anda bisa mengenal/mempelajari sesuatu--dari perang browser hingga kloning manusia--dengan gaya yang menyenangkan (hingga Anda terkadang tak bisa membedakan mana yang ilmiah mana yang tak ilmiah!).

Bubba's Outhouse Press (www.chrysalis.org/bobgill/bubba.htm)

Anda pernah baca buku "Politically Correct Bedtime Stories"? Jika sudah, situs ini mungkin bisa meneruskan kesenangan Anda membaca buku tersebut. Banyak cerita benar diselewengkan sehingga menjadi aneh--terkadang malah hilang kadar kelucuannya. Bob Gill menamai situsnya sebagai Politically Correct Redneck Ezine. Situs ini hanya menampilkan cerita, cerita, dan banyak cerita, jadi jika Anda mencari gambar atau karikatur, masuk ke situs ini mungkin bukan pilihan tepat.

Stuff (homages.enterprise.net/rmd/)

Satu lagi sumber cerita lucu. Stuff sudah lama dikenal sebagai gudangnya segala yang lucu-lucu. Ada Aunt Stuffanie yang memberikan jawaban lebih aneh terhadap pertanyaan aneh Anda--jangan menanyakan pertanyaan serius apalagi mengharapkan jawaban serius karena memang bukan di sini tempatnya. Dibanding tempat-tempat lain yang menyediakan cerita lucu, cerita-cerita yang ada di Stuff mungkin lebih bisa Anda cerna karena lebih berkaitan dengan kehidupan sehari-hari--hewan, olahraga, dan sebagainya.

The Onion (www.theonion.com)

Lagi-lagi humor gaya Amerika! The Onion merupakan salah satu majalah humor paling laris di AS. Satu hal yang musti Anda ingat, situs ini tak ditujukan untuk mereka yang berusia di bawah 18 tahun. Material yang ditampilkan pada situs ini memang tak khusus ditujukan untuk mereka yang sudah dewasa, namun terkadang memang Anda material yang sedikit "offensive" sehingga Anda yang belum dewasa mungkin akan merasa terganggu.

YIP (www.yip.org)

Sejak awal YIP sudah memposisikan sebagai majalah humor dengan gaya absurd. YIP adalah kelompok yang ingin melahirkan humor dengan gaya absurd nonsense. Anda mungkin harus mengerutkan kening sebelum bisa menikmati humor yang disediakan majalah ini. Sebagai pilihan setelah Anda mual dengan gaya humor yang biasa-biasa saj